Sekolah Daring Akan Usai, Siap-Siap Tatap Muka Dimulai Juli 2021, Ini Kata Komisi X DPR RI

myfirstworld.com – Syaiful Huda selaku ketua komisi X DRP RI mendukung target Presiden Joko Widodo untuk membuka kembali sekolah tatap muka pada bulan juli mendatang.

Presiden Joko Widodo berharap pemberian vaksin covid-19 terhadap guru dan tenaga pendidikan bisa memberikan sinyal positif bagi dimulainya sekolah tatap muka pada pertengahan[Juli] tahun 2021.

Sekolah Daring Akan Usai, Siap-Siap Tatap Muka Dimulai Juli 2021, Ini Kata Komisi X DPR RI

Tanggapan Pandu Riono, Epidemiolog Universitas Indonesia mengatakan bahwa “artinya memungkingkan, tetapi bapak Presiden mengatakan bahwa tidak 100% tatap muka. Misalkan dari 5 hari sekolah, satu hari saja tatap muka itu sudah memenuhi harapan kita semua” kamis (25/02/2021).

Ia [Pandu Riono] juga melihat bahwa proses belajar jarak jauh itu palah membuka celah yang sangat besar, terutama celah pada orang kaya dan orang miskin dalam artian bahwa orang kaya itu yang selalu mempunyai pulsa, gadget dan sebagainya. Sedangkan anak yang kekurangan pulsa/ kuota jadi susah mengikuti sekolah daring yang selama ini berlangsung, jadi Pandu Riono sangat mendukung adanya kabar baik ini.

Sekolah Daring Akan Usai, Siap-Siap Tatap Muka Dimulai Juli 2021, Ini Kata Komisi X DPR RI

Menurut evaluasi selama satu tahun ini, sekolah daring dianggap efektif hanya 30%. Dengan adanya target Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang menjadi solusi bagi para orang tua yang sudah mulai kualahan dalam mendampingi anak pada saat melangsungkan sekolah daring.

Meski sekolah dan perkuliahan akan dibuka kembali, Syaiful Huda memberi pesan jika sekolah tatap muka dilakuakn dengan cara bertahap dan ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan seperti :

[1] Jumlah kehadiran harus dibatasi.

[2] Memastikan bahwa sekolah harus siap melakukan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

[3] Meminta agar kemendikbud untuk memastikan betul bahwa sekolah-sekolah siap untuk menerapkan protokol kesehatan.

[4] Memastikan bahwa seluruh kepala sekolah, seluruh guru dan tenaga kerja sekolah sudah selesai di vaksin.

“Jika belom menyentuh angka 5.000.000 guru dan tenaga kependidikan berarti dibuka secara bertahap bahi sekolah yang guru dan tenaga kerjanya sudah divaksin ” ujan ketua komisi sepuluh DPR RI lewat kanal youtube CNN Indonesia.

Wakil ketua komisi X, Abdul Fikri Faqih memberikan pendapat tambahan, tidak hanya guru dan tenaga kerja yang di vaksinisasi akan tetapi siswa juga harus ikut divaksin covid-19. Karena memang siswa tidak hanya berasal dari zona satu saja, adapun dari zona penuluran corona.

Jokowi pun berharap agar semua daerah di Indonesia dapat vaksinisasi covid-19 khusunya tenaga kependidikan, karena tenaga kependidikan seperti guru memang menjadi prioritas agar kegiatan sekolah tatap muka berjalan sesuai apa yang ditargetkan.

Tinggal menunggu beberapa bulan lagi sekolah daring akan usai, siap-siap tatap muka akan dimulai bulan juli tahun ini. Inilah beberapa protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah kepada sekolah sehingga aktivitas tak berpotensi menularkan virus corona.

Sekolah Daring Akan Usai, Siap-Siap Tatap Muka Dimulai Juli 2021, Ini Kata Komisi X DPR RI

 

Perlengkapan penjunjang protokol kesehatan pencegahan virus corona meliputi setiap siswa wajib menggunakan masker, sekolah harap menyediakan handsanitizer, tempat cuci tanggan di setiap kelas, jaga jarak 1 meter yang tidak mengakibatkan kerumunan, tenaga pengajar wajib menggunakan standarisasi dalam melangsungkan proses pembelajaran tatap muka.

Dari video yang diunggah 926/02/2021) oleh akun CNN Indonesia, berjudul “Belajar Tatap Muka Tergantung Kesiapan Komunitas Sekolah ” telah ditonton lebih dari 3.383 x ini banjir komenan dari netizen.

“Jangan PHP ya 😭😭😭” ungkap Raras We**sari “Semoga aja iya juli dah normal , udah bosen satu thn belajar di rumah” ciut akun youtube lilis ***alifah.

Dengan adanya target dari bapak Jokowi, tentu banyak pro dan kontra mengenai hal ini. Ada yang mendoakan segera dilakukan ada juga yang sudah nyaman melakukan sekolah daring. Stay safe guys !!

Leave a Reply