Heboh! Microsoft Trending Twitter Sebut Netizen RI Paling Tidak Sopan Se-Asia Tenggara

Heboh! Microsoft Trending Twitter Sebut Netizen RI Paling Tidak Sopan Se-Asia Tenggara

MYFIRTSWORL.com – Pada hari Jumat, 26 Februari 2020. Perusahaan raksasa ini merilis survei indeks laporan terbaru keadaban Digital Civility Index (DCI) dari Microsoft yang belum lama ini dirilis, Microsoft mengukur tingkat kesopanan pengguna internet dunia saat berkomunikasi di duia maya.

Hasil riset menyatakan bahwa negara Indonesia menduduki urutan terbawah se-Asia Tenggara, hal ini memancing seluruh warganet Indonesia baik di twitter dan Instagram milik Microsoft terdapat lebih dari 56.400 twit.

Dari segala ocehan yang terlontar, namun ada sebuah akun @miarimiari yang menyadarkan seluruh netizen, dan mendapatkan antusias besar hingga disukai lebih dari 35,300 dan dibagikan lebih dari 7.800 kali tanggapan di twitter.

Ngeri kalo Microsoft ntar tiba-tiba bikin kebijakan “warga Indonesia dilarang menggunakan software dari Microsoft” wkwkwk gimana ntar kondisi perkantoran Indonesia“, ungkap @zamzam_uch.

Karena netizen indo tidak bisa membedakan data dengan opini. Dalam film, netizen indo tidak bisa membedakan mana dunia nyata mana acting“, cuitan @haiwisnu.

Seharusnyakan koreksi diri ya kek “ya ampun aku harus lebih sopan” “aku harus lebih bijak bersosial media” Ehh malah “ayo kita boikot !!” “Lo mau kayak Dayana min ?” “Ntar dihujat kena mentalnya” Dikira Microsoft diancem begitu langsung tutupLoudly crying faceThumbs up“, tegas @bubblelmnida.

Disamping itu ada pula warganet yang menyatakan bahwa Indonesia memiliki pedoman Pancasila ke-3, yaitu Persatuan Indonesia. Hal ini membuat sebagian netizen Indonesia bersatu untuk membanjiri komentar di beberapa postingan Microsoft.

Banyak juga yang membenarkan akan kekhawatiran apabila Microsoft akan menutup akses ke Indonesia karna komenatar Indonesia yang pedas di media social milik Microsoft, hingga pada akhirnya fitur kolom komentar tersebut saat ini telah ditutup pada delapan unggahan pertamanya.

Tingkat kesopanan warganet Indonesia semakin turun dibanding tahun lalu, penilaian dimulai dari skala 0 sampai 100, semakin tinggi angkanya berarti semakin rendah kesopanan daring di negara tersebut. Sedangkan urutan kesopanan terbaik adalah Singapura, negara ini menduduki peringkat ke-4 secara global dengan total presentase 59 poin.

Kemunduran tingkat kesopanan Indonesia, paling banyak didorong pada usia dewasa yang menyentuh angka 68 persen, sementara usia remaja disebut tidak memiliki kontribusi dalam kemunduran kesopanan digital negara indonesia 2020.

Dinegara Indonesia terdapat 3 faktor yang paling mempengaruhi tingkat kesopanan, nomor satu dari berita hoax dan penipuan yang naik dari 13 poin menjadi 47, nomor dua dinilai dari faktor kebencian yang naik dari 5 poin menjadi 27, selanjutnya adalah faktor diskriminasi dari 2 poin hingga 13.

Penelitian ini digelar Microsoft pada 32 negarahingga melibatkan lebih dari 16.000 responden. Dari hasil survei menyatakan bahwa Indonesia bersama negara Rusia, Meksiko, dan Afrika Selatan masuk dalam golongan paling tidak punya adab di internet.

Sedangkan lingkup digital yang memiliki presentase terbaik dalam hal kesopanan dari negara Singapura paling bagus, lalu disusul Malaysia,  Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Ridwan Kamil Bantah Survei Microsoft

Menurut gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengungkapkan bahwa netizen Indonesia hanya membully dan galak dimedsos, tapi ketika saling tatap muka justru sangat sopan. Hal ini disampaikan oleh Ridwan Kamil melalui akun Twitter pribadinya @ridwankamil pada Kamis, 25 Februari 2021.

Ridwan Kamil juga sempat menyetil para penyebar berita hoax, ketika ditangkap justru mereka meminta maaf dan menangis tersedu-sedu, tuturnya.

Leave a Reply